Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi: Terima Kasih, Anda Hebat Bisa Mengikuti "Orang Gila" seperti Saya

Kompas.com - 30/10/2015, 17:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti tak mau menyebutkan secara spesifik alasan dirinya kembali memberikan isyarat mundur dari jabatannya. Namun, dia sudah mengucapkan banyak terima kasih kepada para pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat, itu memuji bawahannya karena mampu mengikuti ritme kerja seorang Susi Pudjiastuti.

"Semua staf KKP saya ucapkan terima kasih. Anda orang-orang hebat. Anda bisa mengikuti perubahan dengan yang kuat biasa, terutama Anda hebat karena bisa mengikuti 'orang gila' seperti saya," ujar Susi disambut gelak tawa pegawai KKP yang hadir dalam acara Setahun Kinerja KKP di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Dia sangat berharap "kegilaannya" itu bisa dikenang positif oleh para pegawai KKP.

Dia pun berpesan agar semua pegawai KKP meyakini prinsip tak ada yang mustahil di dunia ini.

Buktinya, ucap dia, meski tak mengenyam pendidikan yang tinggi, seorang Susi Pudjiastuti bisa menjadi menteri.

Namun, dalam hal pendidikan, Susi meminta para pegawai KKP untuk belajar atau sekolah setinggi-tingginya. Menurut dia, pendidikan adalah faktor penting untuk meraih kesuksesan.

"Tapi, tentu saja, yang benar itu, cari pendidikan, sekolah tinggi-tinggi. Cari pekerjaan yang Anda suka, berkarier dengan gembira. Kalau Anda gembira, tenaga Anda besar. Kalau tenaga dan energi Anda besar, niat mengubah juga besar. Kalau Anda enggak suka, cari yang Anda suka, belajar yang Anda suka. Kegembiraan adalah energi. Energi adalah keberhasilan," kata Susi.

Sebelumnya, Susi memberikan isyarat akan segera mundur dari jabatannya. Hal tersebut dia ungkapkan saat berpidato di acara Setahun Kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Hari ini saya sangat gembira. Sekjen dan Dirjen semangatnya luar biasa. Saya yakin saya tidak perlu lama-lama di KKP. Saya lihat karyawan KKP sudah punya semangat dan integrity. Itu modal utama. Sekjen siapkan infrastrukturnya. Kita ubah accountability dengan assessment-nya," ucap dia.

Bahkan, Susi juga sudah mempersilakan wartawan untuk lebih banyak mempertanyakan berbagai persoalan di KKP kepada jajaran Dirjen, tidak lagi kepada dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com