Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin: Daya Beli Masyarakat Masih Lemah

Kompas.com - 02/11/2015, 18:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, umumnya indeks harga konsumen (IHK) berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Deflasi ya berarti jadi lebih baik (daya belinya)," kata Darmin ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Di sisi lain, Darmin menyiratkan bahwa deflasi yang terjadi pada Oktober 2015 sebesar 0,08 persen, bukan lantaran membaiknya daya beli masyarakat.

"Itu juga menunjukkan permintaan makronya masih agak lemah," aku Darmin.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, indeks harga konsumen (IHK) pada Oktober 2015 mengalami deflasi sebesar 0,08 persen. Dengan demikian, inflasi sepuluh bulan pertama tahun ini atau inflasi tahun kalendernya mencapai sebesar 2,16 persen.

Jika dibandingkan Oktober 2014, maka tercatat inflasi tahun ke tahun mencapai 6,25 persen. Adapun inlfasi komponen inti pada Oktober 2015 ini adalah sebesar 0,23 persen. Sedangkan inflasi komponen inti tahun-ke-tahun mencapai 5,02 persen. 

Kepala BPS Suryamin menuturkan, penurunan kelompok harga bahan makanan yang sebesar 1,06 telah mendorong terjadinya deflasi pada bulan Oktober 2015 yang sebesar 0,08 persen. 

"Ada beberapa komoditi yang turun harga, dikarenakan suplai yang cukup banyak, sehingga membuat harga terkendali, diantaranya ayam ras, telur ayam ras, sayur-sayuran, cabai rawit dan cabai merah," kata Suryamin dalam paparan, Jakarta, Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com