Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Infrastruktur, JK Ingin Anggaran Kementerian PUPR Capai Rp 200 Triliun

Kompas.com - 04/11/2015, 14:04 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah sangat konsen terhadap pembangun infrastruktur di Indonesia.

Buktinya, pada pemerintah Jokowi-JK, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diberikan anggaran yang paling besar diantara kementerian lain.

Namun seiring kebutuhan infrastruktur yang kian tinggi, JK berkeinginan anggaran Kementerian PUPR ditambah hingga menyentuh angka Rp 200 triliun.

"Di pemerintahan sekarang yang nomer satu (anggaranya) itu PU. Lebih dari Rp 100 triliun. Mudahan-mudahan nanti Rp 150-200 triliun deh untuk PU," ujar JK saat memberikan sambutan pembukaan Indonesia Infrastructures 2015 di JCC, Jakarta. Rabu (4/11/2015).

Menurut Wapres, anggaran sebanyak itu menjadi suatu kebutuhan bagi pemerintah untuk mengejar pembangunan infrastruktur Indonesia yang tertinggal.

Selain pemerintah pusat, transfer dana ke daerah juga terus akan membesar. JK berharap anggaran tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk terus membangun infrastruktur.

Namun, tutur Wapres, infrastuktur bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Swasta pun diminta untuk melihat setiap peluang investasi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com