Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audit Investigasi Petral Akhirnya Selesai

Kompas.com - 09/11/2015, 06:44 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Audit investigasi terhadap Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) beserta anak usahanya telah selesai.

"Audit sudah selesai. Pada Kamis (5/11/2015) malam, saya mendapat laporan dari manajemen Pertamina. Lalu hari Jumat kami mendiskusikannya dengan Menteri BUMN dalam perjalanan ke Lampung," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Minggu (8/11/2015) di Jakarta.

Sudirman lantas menyebutkan bahwa laporan dari Pertamina soal selesainya audit investigasi Petral Group pun telah disampaikan kepada Presdien Joko Widodo. Menurut Sudirman, ada tiga poin penting dari temuan audit investigasi Petral Group.

"Nomor satu, tercatat di berbagai dokumentasi Petral bahwa ada pihak ketiga, yang bukan merupakan bagian dari manajemen Pertamina, ikut campur, intervensi dalam proses pengadaan dan jual beli minyak mentah maupun produk BBM di PES," jelas Sudirman.

Untuk diketahui, Pertamina Energy Services (PES) merupakan salah satu anak usaha Petral Group.

Akibat intervensi inilah, Sudirman mengatakan, Pertamina mendapat pasokan crude dan BBM dengan harga yang tidak optimal. Diskon yang seharusnya bisa diambil Pertamina, justru dinikmati oleh pihak ketiga ini.

Sayangnya, Sudirman belum mau menyebutkan siapa gerangan pihak ketiga yang dia maksud.

"Maka, siapanya, sabar. Nanti kita serahkan kepada penegak hukum," kata mantan bos Pindad tersebut.

Baca juga: Audit Petral, Pertamina Tunjuk Investigator Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com