Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Ingin Nilai Perdagangan RI-Italia Naik jadi 6 Miliar Dollar

Kompas.com - 09/11/2015, 15:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli kedatangan Menteri Pembangunan Perekonomian Italia Federica Guidi di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Usai pertemuan itu, Rizal mengatakan bahwa pemerintah Indonesia meminta agar kerjasama perdagangan Indonesia-Italia ditingkatkan. Bahkan dia menginginkan nilai perdagangannya bisa mencapai 6 miliar dollar AS.

"Nah sampai sekarang, volume perdagangan kita sekitar 3 miliar dollar AS. Kami minta sama menterinya kalau bisa dalam 5 tahun ini kita bisa double sekitar 6 miliar dollar AS," ujar Rizal usai pertemuan itu.

Menurut Rizal, kerjasama Indonesia-Italia sudah terjalin sejak lama. Misalnya kerjasama di bidang migas ada BUMN Italia yang investasi di Indonesia yakni ENI.

Selain itu ada pula kerjasama di bidang perdagangan otomotif, makanan, dan fashion.

Saat bertemu dengan Federica Guidi, Rizal mengatakan bahwa pemerintah sangat ingin mendorong tumbuhnya industri processing perikanan.

Ini lantaran banyak hasil produksi ikan yang dibawa ke luar negeri tidak serta tak ada nilai tambahnya.

"Tidak ada lapangan pekerjaannya buat rakyat kita. Kita ingin dorong supaya berkembang industri processing ikan supaya ada pekerjaan dan nilai tambahnya," kata Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com