Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi PGN di Amerika Serikat Masih Sesuai dengan Rencana

Kompas.com - 11/11/2015, 13:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan investasi pada aset hulu di blok gas serpih, Fasken Eagle Ford, Amerika Serikat masih sesuai dengan rencana.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen PGN M Wahid Sutopo menyatakan, saat ini produksi shale gas di Fasken dalam kondisi baik dan sesuai dengan rencana awal.

Adapun volume produksi gas di negara bagian Texas tersebut mencapai sekitar 180 juta hingga 190 juta kaki kubik.

"Produksi untuk yang di Fasken baik, masih sesuai dengan rencana. Berjalan sesuai rencana," ujar Wahid di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Lebih lanjut, Wahid menjelaskan bahwa area produksi di Fasken sudah terhubung dengan jaringan pipa yang sudah ada.

Selain itu, ada pula sistem yang mengatur pengaliran dan distribusi gas ke pelanggan akhir, yakni sektor Industri. Selain itu, Wahid pun menampik anggapan bahwa kinerja keuangan investasi di Fasken tidak terlalu baik.

"Kalau (kinerja keuangan) yang di Fasken bagus. Tidak ada masalah karena harga gasnya di sana masih jauh di atas harga keekonomiannya," terang Wahid.

Nilai akuisisi Fasken mencapai 175 juta dolar AS, yang dibayarkan kepada Swift Energy sebagai pengelola gas. Dari 175 juta dolar AS tersebut, PGN memberikan 125 juta dolar AS sebagai pembayaran tunai dan 50 juta dolar AS diberikan untuk pengembangan.

Pada akhir 2013 tercatat bahwa cadangan blok tersebut mencapai 87,6 juta barel oil eqivalent. Adapun area aset di Fasken mencapai 8.300 acre dengan status saat ini sudah berproduksi.

Menurut data dari PGN, kontrak akan selesai pada tahun 2050 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com