Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turun Lagi, Harga Emas Dunia Makin Murah

Kompas.com - 13/11/2015, 07:53 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Kamis (12/11/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Pelemahan harga logam mulia ini karena data AS yang positif meningkatkan spekulasi bahwa bank sentral Amerika Serika akan menaikkan suku bunga pada Desember ini.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 3,9 dollar AS, atau 0,36 persen, menjadi menetap di 1.081,00 dollar AS per ounce.

Emas berada di bawah tekanan karena tanda-tanda penguatan muncul dari laporan-laporan dara ekonomi AS pada Kamis.

Para analis awalnya memperkirakan kenaikan suku bunga akan ditunda sampai 2016, tetapi pertemuan FOMC pada akhir Oktober meninggalkan pintu terbuka bagi The Fed untuk menaikkan suku sebelum akhir 2015.

Peningkatan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil, karena logam mulia tidak mengenakan suku bunga.

Sementara itu perak untuk pengiriman Desember turun 3,8 sen, atau 0,27 persen, menjadi 14,225 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 6,2 dollar AS, atau 0,70 persen, menjadi 876,90 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com