Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namanya Disebut-sebut Jonan Terkait Bandara Lebak, Rusdi Kirana Geram

Kompas.com - 15/11/2015, 14:14 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pernyataan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan terkait bandara di Lebak, Banten, disesalkan pemilik Lion Group sekaligus anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Rusdi Kirana.

Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait mengatakan, Rusdi Kirana keberatan dengan pernyataan Jonan dan meminta Menhub segera meralat pernyataannya tersebut.

"Rusdi Kirana dan Lion Group sangat menyayangkan pernyataan Menteri Perhubungan yang tidak berdasar dan memohon agar Menteri Perhubungan dapat meralat pernyataan tersebut," ujar Edward dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (15/11/2015).

Seperti diberitakan beberapa media, Jonan sempat menyatakan bahwa dirinya tak mau dianggap sebagai Menteri Perhubungan yang menutup Sekolah Penerbangan Curug demi melanggengkan memuluskan bandara di Lebak.

Pernyataan itu disampaikan Jonan di sela-sela pertemuan Asosiasi Maskapai Asia Pasifik di Nusa Dua, Bali, Jumat (13/11/2015).

Seperti diketahui, usul pembangunan bandara di Lebak berasal dari Lion Group dan mitranya, PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS).

Dalam pernyataan itu, Jonan juga sempat membawa-bawa Rusdi Kirana. Jonan mengatakan, jika Rusdi ditunjuk menggantikan dirinya menjadi menteri perhubungan suatu saat nanti, silakan lakukan apa yang dia mau, termasuk menutup Bandara Budiarto yang digunakan untuk sekolah penerbangan Curug.

Menurut Edward, pernyataan tersebut merugikan nama baik perusahaan maupun pribadi Rusdi Kirana dan bisa menimbulkan antipati masyarakat kepada Rusdi Kirana dan Lion Group.

"Rusdi Kirana merasa keberatan secara pribadi maupun secara pemilik perusahaan Lion Group," ucap Edward.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sebelumnya menolak usulan Lion Group yang berencana membangun bandara di Lebak, Banten.

Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan hasil kajian Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com