Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Lesu, Kinerja Astra Melorot

Kompas.com - 16/11/2015, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk membukukan penurunan kinerja hingga kuartal III 2015. Manajemen emiten berkode ASII ini mengatakan bahwa penurunan kinerja perseroan tersebut merupakan imbas dari kondisi ekonomi yang menyebabkan menurunnya harga komoditas dan penjualan kendaraan bermotor.

Perseroan melaporkan, laba bersih pada kuartal III mengalami penurunan sebesar 17 persen menjadi Rp 11,997 triliun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 14,499 triliun.

Sementara itu, laba bersih per saham mencapai Rp 296 pada kuartal III 2015, turun dibandingkan Rp 358 pada kuartal III 2014. Pendapatan bersih konsolidasi perseroan juga mengalami penurunan sebesar 8 persen menjadi Rp 138,177 triliun pada kuartal III 2015 dari Rp 150,582 triliun di kuartal III 2014.

Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto mengatakan, penurunan kinerja perseroan disebabkan penurunan penjualan mobil yang menurun 20 persen dan sepeda motor turun 14 persen.

Tidak hanya itu, sektor alat berat, pertambangan, dan agribisnis juga berkontribusi dalam tertekannya kinerja perseroan. Padahal, pada kurun lima tahun belakangan, kinerja perseroan sempat mengalami peningkatan sebelum mengalami stagnan pada dua tahun belakangan.

"Kami menyadari kinerja Astra akan turun di 2015 karena biar bagaimanapun ada divisi yang bergantung pada komoditas dan penjualan batu bara serta CPO mengalami penurunan. Selain itu, dari kenyataan ekonomi Indonesia mencapai 4,7 persen di kuartal III terjadi penurunan daya beli. Penjualan mobil dan motor pun turun. Ini menyebabkan akhirnya pendapatan Astra turun," jelas Prijono di Jakarta, Senin (16/11/2015).

Lebih lanjut, Prijono menjelaskan bahwa situasi bisnis yang menantang yang dihadapi perseroan terus berlanjut. Sehingga, perseroan memperkirakan kinerja seluruh lini bisnis tidak akan mengalami banyak perubahan di sisa tahun 2015.

Akhirnya, profitabilitas perseroan pun akan tertekan. Aktivitas bisnis Astra meliputi enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya serta teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com