Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Perbesar Penyaluran KUR ke Nelayan di Jawa Barat

Kompas.com - 17/11/2015, 15:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para nelayan serta pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan di Jawa Barat.

Dalam rangka penyaluran KUR tersebut, BNI bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan daftar peserta yang memenuhi syarat mendapatkan KUR.

Dengan kerjasama ini, penyaluran KUR BNI dapat dilakukan secara lebih akurat dan tepat sasaran.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menuturkan kucuran KUR diharapkan bisa meningkatkan daya saing nelayan dan pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

“Untuk mempercepat penyaluran KUR, BNI bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan koperasi untuk memanfaatkan jaringan mereka dalam menyalurkan KUR, baik KUR Mikro, KUR Ritel, maupun KUR TKI," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (17/11/2015).

Selain itu, perseroan juga memanfaatkan Kampoeng BNI sebagai sarana untuk menyalurkan KUR yang disertai program-program pengembangan komunitas.

Program penyaluran KUR ini merupakan kelanjutan dari langkah BNI untuk pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan yang sebelumnya telah dilakukan termasuk komitmen BNI di program JARING OJK.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 17 penerima KUR BNI dengan total kredit mencapai Rp 3,13 miliar.

Dukungan KUR BNI ini akan membantu upaya penguatan salah satu lumbung ikan di Indonesia, yaitu Indramayu, mulai dari para nelayan hingga pedagang hasil laut.

Secara nasional, sudah lebih dari 5.200 debitur penerima KUR BNI dengan nilai kredit yang dikucurkan sebesar lebih dari Rp 1,2 triliun per 13 Oktober 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com