Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Tahun 2015 Hanya Akan Mencapai 2,5 Sampai 3 Persen

Kompas.com - 18/11/2015, 21:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memprediksi capaian inflasi pada tahun 2015 hanya berada pada kisaran 2,5 sampai 3 persen.

Prediksi capaian inflasi ini berada di bawah target Bank Indonesia (BI) yang mencapai 3 hingga 5 persen.

Sementara itu, capaian inflasi pada tahun 2016 diprediksi cukup terjaga pada kisaran 4 hingga 5 persen.

Menurut Direktur Riset CORE Indonesia Mohammad Faisal, ada beberapa faktor, baik dari sisi domestik maupun global yang akan mempengaruhi capaian inflasi tahun depan.

"Harga pangan diperkirakan akan tetap stabil sejalan dengan masih rendahnya harga pangan global, kapasitas produksi terpasang masih mampu memenuhi permintaan konsumsi tahun depan," kata Faisal di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Lebih lanjut, Faisal pun menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang berpotensi mendorong inflasi.

Faktor pertama adalah inflasi barang-barang yang dikendalikan pemerintah atau administered price yang diprediksi mengalami peningkatan, seperti kenaikan harga elpiji tabung, pencabutan subsidi listrik, dan keenaikan cukai rokok.

"Faktor lain adalah potensi pelemahan kurs rupiah atau exchange rate pass through tahun depan masih akan memberikan kontribusi pada inflasi domestik," jelas Faisal.

Dalam laporannya, BI meyakini bahwa inflasi untuk keseluruhan tahun 2015 akan berada di batas bawah kisaran sasaran 4 plus minus 1 persen.

Adapun Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Oktober 2015 mengalami deflasi, yang dipandang oleh bank sentral menunjukkan bahwa stabilitas harga terkendali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com