Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Mau Minta Tolong Setya Novanto? Peduli Amat..

Kompas.com - 20/11/2015, 12:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang memastikan perseroan akan melunasi pembayaran soal fasilitas sewa kepada PT Orbit Terminal Merak (OTM).

Pembayaran tersebut akan dilakuakan setelah negosiasi kontrak selesai dan mendapatkan pengakuan dari Komisi Pemberantasan Korupsi bahwa tidak ada indikasi-indikasi kerugian negara.

Ahmad menjelaskan, dalam negosiasi ini pihak Pertamina juga meminta asistensi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Satuan Pengawas Internal (SPI) Pertamina.

Mengenai pihak OTM yang meminta tolong penagihan kepada pejabat, dalam hal ini kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ahmad menjawab tegas.

"Jangan tanya saya kenapa OTM harus minta tolong Setya Novanto. Yang jelas sampai satu tahun lebih saya belum bayar," kata Ahmad kepada wartawan di Jakarta, Jumat (20/11/2015).

"Mau dia minta tolong Setya Novanto, mau dia minta tolong Sudirman Said. Memang saya ngurusin? Kaga. Peduli amat," ucap Ahmad.

Lebih jauh dia menjelaskan, kontrak dengan OTM sudah ditandatangani sejak direksi Pertamina sebelumnya. Sejak Oktober 2014 Pertamina melakukan negosiasi tidak hanya soal tarif sewa, melainkan juga soal toleransi losses (susut).

Di fasilitas tersebut, sesuai dengan kontrak, toleransi losses yang disepakati sebesar 0,3 persen. Ahmad menginginkan agar toleransi losses diperbaiki minimal sesuai standar internasional sebesar 0,2 persen.

"Kalau bisa 0,1 persen, lebih bagus. Pertamina saja bisa kok," kata dia lagi.

Selain itu Ahmad mengatakan BUMN energi itu juga ingin agar fasilitas di OTM juga bisa digunakan untuk produk lain seperti Pertalite, dan tidak hanya untuk solar dan Premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com