Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industrialisasi Salah Satu Kunci Menangi Persaingan di MEA

Kompas.com - 20/11/2015, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Industrialisasi nasional menjadi salah satu kunci bagi Indonesia memenangi persaingan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selama ini, Indonesia masih mendapatkan tantangan seperti kualitas sumber daya manusia, keterbatasan dana pemerintah, hingga keterbatasan teknologi untuk pengembangan industrialisasi yang sempat menurun sejak krisis ekonomi pada 1998 silam.

Adalah Rosan Perkasa Roeslani yang menyampaikan catatan tersebut terkait pencalonannya sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2015-2020 pada Musyawarah Nasional VII Kadin di Bandung selama tiga hari sejak 22 November 2015 mendatang. Pada Senin (16/11/2015) silam, ia resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum.  
 
Rosan mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dikaruniai sumber daya alam melimpah dan sumber daya manusia yang besar. Potensi yang dimiliki Indonesia itu selain dapat menyediakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi anak bangsa, juga akan  mempercepat transformasi negeri ini menjadi negara maju. “Industrialisasi adalah kenyataan bagi Indonesia. Kita harus mewujudkan tekad itu untuk menjadi negara maju,” katanya.

Dia mengatakan,  di tengah persaingan pasar yang semakin ketat pada tingkat domestik maupun internasional, industrialisasi, menurutnya menjadi salah satu pendorong untuk menghadirkan  harapan positif  bagi kemajuan ekonomi nasional. Industrialisasi selain dapat meningkatkan arus masuk investasi,  juga akan membuka lapangan kerja baru seluas-luasnya dan menciptakan multiplier effect  di sektor perdagangan.

Rosan mengungkapkan,  melalui industrialisasi akan terjalin suatu  proses penciptaan nilai tambah dalam setiap kegiatan ekonomi, termasuk di dalamnya,  produksi, distribusi perdagangan, dan investasi. Oleh sebab itu, Kadin sebagai organisasi pengusaha tertua di Indonesia, wajib  mendorong pertumbuhan, pemerataan, kemajuan, keadilan, dan kehormatan bangsa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com