Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Ekonomi RI Masih Stabil di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Kompas.com - 24/11/2015, 22:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memandang kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih dinilai stabil di tengah perlambatan ekonomi global.

Hal ini tecermin dari ekonomi Indonesia yang masih bertumbuh walaupun melambat.

"Dalam pandangan kami, kondisi Indonesia tetap sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi paling stabil dalam skala negara berkembang," kata Agus pada Pertemuan Tahunan BI, Selasa (24/11/2015).

Menurut Agus, berbagai langkah yang ditempuh BI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan berbagai reformasi kebijakan pemerintah.

Kebijakan-kebijakan itu antara lain reformasi subsidi BBM, pelayanan terpadu satu pintu, percepatan proyek infrastruktur, serta berbagai paket kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pada beberapa bulan terakhir.

"Kami memandang sinergi kebijakan yang ditempuh telah mampu memberikan kontribusi yang optimal pada terjaganya ketahanan ekonomi nasional," ungkap Agus.

Hal ini antara lain ditunjukkan dengan masih terkendalinya nilai tukar rupiah sehingga tekanan berlebihan kepada kegiatan ekonomi dapat dihindari.

Hingga Oktober 2015, rupiah melemah 9,5 persen, lebih rendah dibandingkan pelemahan mata uang negara lain.

Volatilitas pergerakan mata uang yang terjadi pada rupiah pun lebih kecil dibandingkan dengan volatilitas mata uang negara lain.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com