Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Defisit 40 Persen, Lampung Alami Pemadaman LIstrik Dua Kali Sehari

Kompas.com - 30/11/2015, 08:42 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Lampung mengalami defisit daya listrik mencapai 40 persen. Akibatnya,  daerah tersebut rawan mengalami pemadaman listrik sampai Desember 2015.

General Manager Distribusi PLN Wilayah Lampung Irwansyah mengatakan, krisis energi ini karena terjadinya kemarau panjang. Ditambah dengan perbaikan pembangkit di Tarahan yang memiliki daya 200 MW.

Kondisi itu yang membuat pemadaman listrik terjadi hampir dua kali dalam sehari.

"Tetapi kondisi itu sudah teratasi dengan masuknya sistem PLTU Sebalang sehingga krisisnya berkurang menjadi 180 MW," ujar Irwan, Jumat (27/11/2015).

Dia menjamin kondisi listrik akan kembali normal pada Januari 2016. Total pembangkit di seluruh Wilayah Lampung 750 MW sedangkan kebutuhan energi secara keluruhan 850 MW.

"Kondisi idealnya, semestinya kita memiliki cadangan 2 kali dari total daya yang ada," ujarnya.

"Jadi, setiap ada satu pembangkit yang keluar dari sistem karena perbaikan ataupun rusak maka tetap disuplai dengan cadangan," kata Irwan lagi.

Tetapi, Lampung tidak memiliki cadangan tersebut sehingga ketika ada pembangkit yang keluar dari sistem operasi maka otomatis konsumen terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com