Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Tagih Komitmen Negara Maju Gelontorkan Dana Penanganan Dampak Perubahan Iklim

Kompas.com - 02/12/2015, 13:15 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

PARIS, KOMPAS.com- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyebutkan negara maju tak mau memberikan komitmennya mengenai dana yang akan diberikan ke Indonesia untuk penanganan perubahan iklim.

"Tadi diangkat soal finansial karena negara maju tak mau menaruh janji berapa duit dari mereka ke Indonesia," kata Siti Nurbaya, Rabu (2/12/2015).

"Tapi yang paling penting adalah meyakinkan negara maju bahwa Indonesia punya banyak kegiatan dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim juga dalam pengembangan standar cara-cara pengukuran yangg transparan dan itu butuh dukungan," lanjutnya.

Di hadapan para negosiator Indonesia, Siti Nurbaya juga menegaskan agar mereka mampu membujuk negara maju dengan beragam metode.

Hal itu termasuk dari sisi luas wilayah dan banyaknya jumlah populasi masyarakat Indonesia yang akan terlibat dalam kegiatan itu.

"Contoh dalam dinamika land use saja banyak masyarakat terlibat dan itu butuh dukungan finansial. Kedua, saya arahkan pada ketua ketua delegasi untuk selalu memperhatikan negara berkembang lain,"katanya.

Kerja para negosiator Indonesia dalam konferensi perubahan iklim kali ini cukup berat. Setidaknya dalam satu hari terdapat lebih dari 32 pertemuan dengan beberapa negosiator negara lain.

Negosiasi dilakukan hingga pukul 19.00 waktu Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com