Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2015, 23:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan perlindungan bagi calon TKI, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan train of trainer kepada penyuluh Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP). Kegiatan ini merupakan salah satu turunan dari program SAKU TKI atau Servis Keuangan Inklusif untuk TKI.

"Sangat penting memberikan pemahaman bagi calon TKI tentang cara mengatur keuangan mereka secara simpel, efektif dan efisien sehingga hasil jerih payah mereka ketika bekerja tidak habis sia-sia. Dalam hal ini penyuluh PAP merupakan ujung tombak yang memberikan informasi dan pengetahuan bagi mereka sebelum bermigrasi," kata Tenaga Profesional BNP2TKI, Anjani Amitya Kirana, Rabu (2/12/2015).

Acara TOT bagi para penyuluh tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu (2/12/2015) sampai Kamis (3/12/2015) di Tangerang. Kegiatan itu diikuti oleh 30 orang penyuluh.

Anjani menjelaskan, PAP merupakan kegiatan orientasi akhir calon TKI yang berlangsung dua hari untuk memberikan segala informasi dan pengetahuan terkait kultur, budaya, dan fasilitas lainnya. Dalam PAP itu, lanjut dia, hal paling utama adalah materi yang mencakup pemahaman kepada calon TKI tentang hak dan kewajiban selama bekerja. Kedua hal itu ada pada Perjanjian Kerja serta Menetapkan tujuan mereka bekerja ke Luar Negeri.

"Di situlah masuk materi edukasi keuangan bagi calon TKI. Ini agar mereka memahami jumlah biaya yang telah mereka keluarkan selama masa proses penempatan, serta jumlah yang mereka harus bayarkan kewajiban tersebut, kepada institusi apa atau kepada siapa mereka meminjam, dan yang terpenting memberi edukasi tentang menabung," ujarnya.

BNP2TKI sendiri, kata Anjani, telah melaksanakan edukasi keuangan kepada Calon TKI di tahun 2015 kepada kurang lebih 2500-3000 orang. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh calon TKI di tahun-tahun selanjutnya mendapatkan edukasi dan literasi untuk memahami produk dan jasa keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com