Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjangan Kontrak JICT dengan Hutchinson Untungkan Indonesia

Kompas.com - 04/12/2015, 17:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lini menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mangkir dari Panitia Khusus (Pansus) Pelindo II.

Hal ini ditegaskan Lino lantaran banyak pihak yang memandang dirinya selama ini mangkir dari Pansus Pelindo II.

"Itu tidak benar. Saya baru dapat undangan kemarin," ujar Lino di sela-sela rapat Pansus Pelindo II di Gedung DPR/MPR, Jumat (4/12/2015).

Dalam kesempatan itu, Lino pun menjelaskan tentang kronologi perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT) dengan Hutchinson Port Holding (HPH).

Menurut Lino, perpanjangan kontrak tersebut sangat menguntungkan Indonesia.

"Sangat menguntungkan Indonesia. Nanti Selasa minggu depan kita tanda tangan MoU dengan Pelindo I untuk bersama-sama mengoperasikan Pelabuhan Belawan dan mengembangkan Pelabuhan Tanjung," tutur Lino.

Tidak hanya itu, Lino pun menyatakan bahwa pihaknya bersama-sama dengan Pelindo IV juga akan mengambil alih dan mengoperasikan serta membangun Pelabuhan Makassar, Bitung, Ambon dan Sorong. Semua fasilitas pelabuhan akan diambil alih.

"Kita dengan Pelni dan Pelindo III akan bersama-sama mengembangkan cruise di Bali, NTB, dan NTT. Cruise terminal dibangun dan kapal disediakan untuk mengembangkan daerah itu," jelas dia.

Hari ini, Lino hadir dalam rapat Pansus Pelindo II. Rapat tersebut dimulai pada pukul 14.45 dan dipimpin oleh Rieke Diah Pitaloka dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com