Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Apple Anjlok, Bursa AS Kembali Merah

Kompas.com - 10/12/2015, 06:54 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa AS ditutup memerah lagi pada perdagangan Rabu (9/12/2015) waktu setempat. Dengan demikian, sudah tiga hari terakhir Wall Street berakhir negatif.

Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 tergerus 0,8 persen menjadi 2.047,62. Padahal, pada sebelumnya, indeks S&P 500 sempat naik 0,8 persen.

Adapun indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,4 persern menjadi 17.492,30. Sedangkan indeks Nasdaq Composite turun 1,5 persen, tertekan oleh saham Costco dan Apple.

Pasar saham AS tertekan di tengah kecemasan pelaku pasar mengenai perlambatan ekonomi global. Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Salah satu di antaranya saham Apple Inc yang anjlok 2,2 persen atau merupakan penurunan terbesar dalam tiga pekan terakhir.

Selain itu, ada saham Costco Wholesale Corp yang merosot 5,4 persen setelah melaporkan kinerja yang mengecewakan.

Di sisi lain, sektor bahan baku melejit dipimpin oleh kenaikan saham Dow Chemical Co dan DuPont Co dengan kenaikan masing-masing setidaknya 11 persen.

Secara sektoral, tujuh dari sepuluh sektor yang terhimpun dalam indeks S&P 500 berakhir negatif. Sektor teknologi dan barang konsumen mencatatkan penurunan terbesar masing-masing melampaui 1,2 persen.

"Pasar secara umum tampaknya mengikuti pergerakan komoditas, khususnya minyak. Saat komoditas kembali mengarah ke teritori negatif, market mengekor," jelas Walter Todd, chief investment officer Freenwood Capital Associates di South Carolina. (Barratut Taqiyyah)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com