Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Belanja Daring Kian Bertaji

Kompas.com - 10/12/2015, 20:28 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs-situs belanja secara elektronik (e-commerce) mulai bertaji. Situs-situs itu beriklan di televisi. Berdasarkan data yang dirilis Adstensity, aplikasi ads monitoring TV di Indonesia yang dikembangkan PT Sugi Kaca Pariwara, dua produk situs e-commerce masuk ke jajaran sepuluh besar produk terbilang paling jorjoran menggelontorkan uangnya untuk iklan.

Menurut CEO PT Sigi Kaca Pariwara Sapto Anggoro, munculnya e-commerce ke dalam daftar itu merupakan hal yang menarik. Sebab, industri tersebut relatif masih baru. "E-commerce tinggi di 2014 seperti Lazada, OLX, dan 2015 ada lagi Tokopedia dan Traveloka," ujar Sapto saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Berdasarkan data Adstensity, terdapat dua titik tempat iklan produk e-commerce melonjak pesat pada periode Januari-November 2015. Lonjakan itu terjadi pada Juli dan September.

Menurut Sapto lebih lanjut, kenaikan iklan produk e-commerce pada Juli disebabkan adanya  Ramadhan. Saat itu ucap dia, promosi belanja dalam jaringan (online) melonjak pesat.

Sementara pada September, lonjakan iklan e-commerce terjadi lantaran munculnya produk baru yakni MatahariMall.com. Kemunculan produk baru itu membuat persaingan iklan kian kencang.

Dari data Adstensity, ada enam produk e-commerce yang bertaji menggelontorkan uangnya untuk iklan di TV. Keenam produk itu yakni Tokopedia mencapai Rp 559 miliar, Traveloka Rp 553 miliar, OLX Rp 283 miliar, Blibli Rp 237 miliar, Bukalapak Rp 119 miliar, dan Lazada Rp 107 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com