Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Robot di KG Fair

Kompas.com - 12/12/2015, 11:36 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Event KG Fair di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan tidak hanya melulu berisi buku. Di bookfair yang berlangsung pada 11 Desember hingga 13 Desember ini ada beberapa permainan robotik yang bisa dinikmati oleh pengunjung khususnya anak-anak.

Staff Operasional dari Robotics Explorer, Hendry Adrian mengatakan,  ada 4 permainan yang bisa dicoba anak-anak di acara KG Fair ini.

Pertama, ada Robot Transporter. Robot transporter adalah permainan memindahkan obyek dari satu ke tempat lain. Bentuk robotnya berbentuk seperti mobil. Aturan mainnya seperti bermain sepak bola, memindahkan kubus ke dalam gawang yang sudah disediakan.

"Pemenangnya adalah pemain yang tercepat," ujarnya.

Selain itu, ada juga Robot Albert. Robot ini adalah robot yang bisa mengajar bahasa dan berbagai obyek pada anak.

"Robot ini buatan Korea. Mainnya pakai kartu. Robot akan menyebutkan nama obyek yang tergambar dalam kartu," kata Hendry.

Untuk melatih sensor, ada juga Robot Floppy. Permainannya mirip dengan game Flappy Bird, namun bedanya robot ini digerakan oleh sensor gerak.

Terakhir, ada Robot Angklung otomatis. Dengan robot ini, anak bisa memainkan angklung dari jarak jauh tanpa disentuh. Dengan menggunakan tombol yang sudah disediakan.

Kata Hendry, permainan ini gratis dan bisa dinikmati oleh semua pengunjung KG Fair.

Dia mengatakan, permainan-permainan robot ini merupakan usaha untuk memperkenalkan anak pada dunia robot. Menurut dia, di negara-negara yang maju anak-anak sudah mulai diperkenalkan pada robot sejak kecil.

"Kalau di Korea Selatan, robot sudah masuk ke kurikulum wajib sekolah," ujar Hendry.

Dia mengatakan, memperkenalkan robot pada anak adalah hal yang penting. "Negara seperti Jepang, Korea maju dalam hal inovasi tekhnologi, karena mereka sudah diajarkan berimajinasi dengan robot sejak kecil," ucap Hendry.

Seperti yang diberitakan, hari ini Jumat (11/12/2015) Kompas Gramedia mengadakan acara KGFair. Acara ini merupakan book fair yang menghadirkan kurang lebih 20.000 buku.

Selain bookfair, Kompas Gramedia juga menyelenggarakan banyak kegiatan lain. Seperti Pameran, Lomba mewarnai tingkat SD, Try Out SD & SMP, Kompetisi Matematika tingkat SD, Takshow, Workshop, Seminar, Cosplay, lomba Story telling, dan lomba Fotografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com