Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Targetkan Seluruh Siswa di Indonesia Punya Rekening Bank

Kompas.com - 12/12/2015, 11:47 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan seluruh siswa sekolah di Indonesia memiliki rekening di bank.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menjelaskan para siswa semakin mudah membuka rekening bank seiring dengan dijalankannya program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) dan Simpanan Pelajar (Simpel).

"Dengan rekening itu, jika sewaktu-waktu pemerintah memiliki program bantuan untuk siswa, nanti dananya tidak lagi diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan langsung masuk ke rekening para siswa," ujarnya Sabtu (12/12/2015).

Muliaman menjelaskan saat ini para siswa sekolah sudah bisa memanfaatkan Simpel yang disediakan oleh perbankan. Dengan setoran awal minimal Rp 1.000, para siswa bisa menabung uang yang mereka miliki.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama BRI Syariah Mochamad Hadi Santoso menuturkan pihaknya menyediakan produk tabungan Simpel syariah yang bisa dimanfaatkan para siswa untuk menabung.

Sejauh ini sudah 281 sekolah yang telah digandeng oleh BRI Syariah dengan jumlah rekening mencapai 71.778 rekening dan volume tabungan Rp 670 juta.

"Seiring dengan Laku Pandai, nanti para siswa juga akan dengan mudah menabung dan menarik dana di agen-agen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com