Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KG Fair 2015, Buku Obral Paling Diminati

Kompas.com - 12/12/2015, 13:00 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Buku Obral jadi yang paling dicari di KG Fair 2015. Buktinya, di hari pertama, omzet penjualan stan buku obral paling tinggi dibanding stan buku lain.

Menurut Kordinator Stan Buku Obral, Muhammad Febriyanto, laba yang didapat dari penjualan buku obral pada hari pertama mencapai Rp 69,13 juta.

Hari pertama Febrianto mencatat ada lebih dari 500 pengunjung yang membeli buku obral. "Rata-rata pengunjung kalau datang beli lebih dari 1 buku," ujar dia, di Jakarta, Sabtu (12/12/2015.

Dia mengatakan, selama 3 hari di KGFair, pihaknya menargetkan laba sebesar Rp 200 juta untuk 3 hari.

"Harusnya target kita tercapai. Hari pertama yang saya kira sepi, eh ternyata ramai dan dapat Rp 69 juta. Apalagi hari ini dan besok yang makin ramai," ujar Febriyanto.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di hari kedua ini, pengunjung yang mendatangi stan buku obral terus berdatangan. Sejak acara dibuka pukul 10, stan tak pernah terlihat sepi.

Hingga berita ini dibuat, kurang ada kurang lebih 50 orang yang sedang mengunjungi stan obral.

Sebagai perbandingan, dari segi jumlah pengunjung, penjualan buku obral di stan lain tidak sebanyak stan obral. Stan lain hanya dikunjungi rata-rata 3-4 pengunjung. Dari segi nilai transaksi, stan lain hanya mendapatkan laba dalam kisaran Rp 8 juta hingga Rp 10 juta

Sebagai contoh, Stan GPU yang dikelola oleh toko buku Pondok Indah hari pertama menjual hanya 165 eksemplar, dengan total pendapatan Rp 13,66 juta. Atau stan Elex Media Komputindo yang dikelola toko buku Cijantung hanya menjual 201 eksemplar dengan pendapatan tak lebih dari Rp 10 juta.

Hari ini merupakan hari kedua dari KG Fair yang diadakan oleh Kompas Gramedia di JCC Senayan, mulai 11 Desember hingga 13 Desember. Acara ini merupakan bookfair yang menghadirkan kurang lebih 20.000 buku.

Selain bookfair,  KG Fair juga menyelenggarakan banyak kegiatan lain. Seperti Pameran, Lomba mewarnai tingkat SD, Try Out SD & SMP, Kompetisi Matematika tingkat SD, Takshow, Workshop, Seminar, Cosplay, lomba Story Telling, dan lomba Fotografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com