Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Koperasi di NTB Didorong Menjadi Lembaga Keuangan Mikro

Kompas.com - 13/12/2015, 10:18 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan dukungan kepada sekitar 200 koperasi dan kelompok masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menyebutkan pembentukan LKM akan turut membantu mendorong perekonomian masyarakat di daerah.

"Kami sangat mendukung pembentukan LKM di NTB. Masyarakat memang membutuhkan kehadiran LKM yang bisa menjadi agregator ekonomi," ujarnya dalam acara Bincang Bisnis Republika, Sabtu malam (13/12/2015).

Dia menyebutkan kehadiran agregator ekonomi akan turut menyumbang terhadap peningkatan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR Willgo Zainar menuturkan sebelumnya telah ada sekitar 50 koperasi di NTB yang ingin menjadi LKM. Jumlah tersebut terus bertambah belakangan ini.

"Karena itu kami akan berkonsultasi dengan OJK agar koperasi-koperasi ini bisa menjadi LKM. Kehadirannya sangat dibutuhkan bagi pengembangan ekonomi di daerah," jelasnya.

Adapun Gubernur NTB Zainul Majdi menyatakan pertumbuhan ekonomi NTB yang pada kuartal III-2015 yang mencapai sebesar 9 persen tidak lepas dari peran kolektif masyarakat.

Hal itu juga tidak lepas dari banyaknya komoditas perdagangan yang berasal dari NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com