Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Diprediksi Bakal Kuasai Pasar TV Indonesia

Kompas.com - 14/12/2015, 09:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Toshiba menjual pabrik TV nya di Indonesia. Kabarnya pabrik perusahaan milik Jepang ini dibeli oleh perusahaan elektronik dari China dengan merek Skyworth.

Ali Soebroto Ketua Gabungan Pengusaha Elektronik Indonesia (Gabel) melihat dengan ditutupnya pabrik Toshiba ini bukan berarti investor yang lain akan takut investasi di Indonesia. Karena menurut dia, ini hanya pergeseran pemain.

Saat ini, pemain elektornika dari Jepang tidak sesuai untuk bermain di industri elektronik konsumen. Industri elektronik sekarang ini dikuasai oleh dua pemain Korea dengan merek Samsung dan LG.

Ali memprediksi, nantinya pemain dari Korea pun harus menyerahkan ke pemain dari China. 

"Ini semua diakibatkan karena GDP mereka mereka sudah tinggi, jadi mereka harus pindah ke sektor bisnis yg lebih bernilai lebih tinggi," kata Ali kepada Kontan, Minggu (13/12/2015).

Namun sampai saat ini belum ada rencana penutupan pabrik milik Korea ini di Indonesia.

Menurut Ali jika nanti mereka tutup kemungkinan besar akan pindah ke negara ASEAN lain yang biaya produksi mereka lebih murah dari indonesia. (Mimi Silvia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com