Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMSP Kembali Masuk ke Penghitungan Indeks BEI

Kompas.com - 16/12/2015, 10:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) kembali masuk ke dalam penghitungan Indeks Bursa Efek Indonesia (BEI).  Direktur Utama HMSP Paul Janelle secara simbolis membuka perdagangan saham perseroan, Rabu (16/12/2015).

Setelah HMSP mengumumkan Penawaran Umum Terbatas Dalam Rangka Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PUT) pada bulan Oktober lalu, BEI telah memasukkan saham HMSP ke Penghitungan Indeks BEI secara bertahap.

Tahap pertama sebesar 25 persen pada 4 November 2015, 50 persen pada 18 November 2015, 75 persen pada 2 Desember 2015, dan 100 persen pada 16 Desember 2015.

Selain tercatat dalam indeks BEI, saham HMSP juga dimasukkan ke dalam Morgan Stanley Composite Index (MSCI).

Janelle menjelaskan, masuknya kembali HMSP membuat perseroaan harus memenuhi ketentuan BEI yang mewajibkan semua perusahaan terbuka yang terdaftar untuk memenuhi setidaknya 7,5 persen kepemilikan publik dari total modal disetor.

"Kami sangat mengapresiasi sambutan baik terhadap Penawaran Umum Terbatas Sampoerna. Pemasukan kembali saham Sampoerna dalam Indeks BEI menandai komitmen kami untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia dan semakin meningkatnya investasi Sampoerna," ujar Janelle di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

HMSP kini memiliki kapitalisasi saham terbesar di BEI sebesar Rp 440,6 triliun dengan harga penutupan Rp 94.700 per lembar saham. Adapun komponen indeks BEI terdiri dari Indeks Harga Saham Gabungan, Indeks Papan Utama, Indeks Sektor Industri Barang Konsumsi, dan Indeks Sektor Manufaktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com