Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Pimpin Sindikasi Kredit untuk PLN Rp 12 Triliun

Kompas.com - 17/12/2015, 16:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mempimpin sindikasi untuk pemberian kredit bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) senilai Rp 12 triliun.

Bank-bank yang terlibat dalam sindikasi ini adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Dana yang diberikan digunakan untuk belanja modal PLN tahun 2015 dan 2016. Dalam sindikasi ini, BRI menjadi pimpinan sindikasi sekaligus agen fasilitas, dan agen penampungan dengan fasilitas pemberian kredit sebesar Rp 5 triliun.

Sementara itu, Bank Mandiri memberikan kredit dengan plafon sebesar Rp 3 triliun. Adapun Bank BNI Rp 2,5 trliun, Bank BCA, LPEI, dan PT SMI masing-masing sebesar Rp 500 miliar.

"Kerjasama ini merupakan wujud sinergi Bank BRI bagi BUMN energi untuk terus mengembangkan usahanya dalam rangka mendorong pembangunan infrastruktur Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2015).

Fasilitas kredit sindikasi Capex 5 PLN 2015 merupakan fasilitas tahunan yang diberikan Bank BRI untuk digunakan oleh PLN dalam skema pembiayaan kredit investasi.

Sejak pembiayaan Capex 1 dari tahun 2011 hingga Capex 5 2015, total plafon yang diberikan oleh BRI kepada PLN sebesar Rp 24 triliun, termasuk tambahan Rp 5 triliun yang baru saja ditandatangani.

Pembiayaan ini rencananya akan digunakan PLN sebagai pembiayaan perusahaan (corporate loan) untuk keperluan investasi sesuai dengan RKAP tahun 2015 dan tahun 2016, salah satunya adalah untuk menunjang target investasi penambahan daya sebesar 35.000 megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com