Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Pasokan BBM Aman

Kompas.com - 29/12/2015, 13:18 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun permintaan bahan bakar menjelang tahun baru diprediksi akan naik, namun Pertamina menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Pasalnya stok BBM yang tersedia saat ini dinilai sudah di atas jumlah yang dibutuhkan.

"Pasokan BBM sudah aman untuk mengawal libur panjang Natal dan tahun baru karena dari semua jenis bahan bakar, suplainya mencukupi untuk lebih dari 20 hari," ujar Vice President Supply & Distribution PT Pertamina (Persero) Fariz Aziz di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Fariz mengatakan, cadangan bahan bakar jenis Premium yang dimiliki Pertamina saat ini mencapai 76.546 kl atau cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional selama 18,5 hari. Sedangkan cadangan Solar sebesar 37.982 kl untuk 23 hari.

"Untuk cadangan Pertamax berjumlah 6.364 kl atau cukup untuk 26 hari dan untuk Pertamax Plus, stoknya mencapai 11.867 kl atau cukup untuk kebutuhan selama 70 hari ke depan," jelas Fariz.

"Sedangkan untuk Avtur kita sudah siap 11.867 kl," tutur Fariz.

Sementara itu, Vice President Corporate Comunication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, selain menyiapkan pasokan BBM yang cukup, menjelang tahun baru Pertamina juga mengerahkan sebanyak 2.580 mobil tanki bensin.

Mobil tanki yang mengangkut bensin itu akan dikerahkan di wilayah-wilayah yang diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan.

"Kondisi liburan padat, akan ada peningkatan permintaan 10 sampai 15 persen. Jadi kita siapkan mobil tanki yang penuh di SPBU yang permintaannya tinggi. Jadi tak perlu lama kalau habis dan isi ulang," ujar Wianda.

Selain itu, pertamina juga membuat tim Satgas yang secara khusus bertugas untuk memastikan pasokan BBM ke daerah aman. Tim satgas ini sudah dikerahkan sejak tanggal 22 Desember hingga 8 Januari 2016.

"Tim Satgas ini akan bekerja selama 24 jam," ucap Wianda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com