Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Kendaraan, Penjaga Pintu Tol Cipali Ditambah

Kompas.com - 29/12/2015, 23:46 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi lonjakan kendaraan pada Natal dan Tahun Baru 2016, pengelola jalan tol Cikopo - Palimanan (Cipali) menambah 45 petugas gardu transaksi tambahan.

Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Edwin Sas Goenarto menyampaikan total petugas di gerbang tol yang dikerahkan selama liburan Natal dan Tahun Baru mencapai 134 orang. Petugas tersebut terdiri dari 89 pegawai lama dan 45 pegawai tambahan.

"Kami menambah personel untuk meningkatkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikopo dan Palimanan,” ujar Edwin melalui pesan tertulis pada Selasa (29/12/2015).

Edwin mengatakan ada lonjakan jumlah kendaraan yang melintasi tol Cipali selama periode liburan Natal dan Tahun Baru.

Jumlah kendaraan yang melintasi tol Cikopo pada Kamis (24/12) lalu tercatat sebanyak 58.369. Untuk tol Palimanan kendaraan tercatat mencapai 54.334 kendaraan, sedangkan pada keesokan hari nya, Minggu (27/12/2015), jumlah kendaraan yang melewati gerbang tol Cikopo mencapai 63.068 kendaraan dan 41.431 lainnya nelewati Gerbang Tol Palimanan.

"Data tersebut menunjukkan kendaraan yang melintasi Tol Cipali melonjak tiga kali lipat dari volume lalu lintas harian normal yang ditangani di masing-masing gerbang," papar Edwin.

Potensi untuk terjadi kemacetan masih ada. Kata Edwin, puncak arus balik periode liburan Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi Edwin akan terjadi pada tanggal 2 hingga 3 Januari 2016.

Dia memperkirakan akan ada lebih dari 50.000 kendaraan yang akan melintasi tol Cipali. Selain menambah petugas transaksi, pihaknya juga berencana untuk melakukan pengaturan jumlah gardu.

Untuk mengantisipasi pengendara yang tidak membawa uang pas, jumlah ketersediaan uang pas juga ditingkatkan.

Edwin mengharapkan hal ini dapat lebih memperlancar proses transaksi di setiap gardu tol Cipali.

Selain itu, Edwin juga mengatakan, pihaknya sudah memeriksa kondisi layanan lalu-lintas seperti mobil patroli, ambulan dan mobil derek. "Ada 10 mobil patroli, 5 unit ambulans dan 12 mobil derek dalam kondisi baik dan beroperasi secara penuh," pungkas Edwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com