Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Siapkan KPR untuk Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap

Kompas.com - 30/12/2015, 05:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tengah menyiapkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) khusus untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Direktur Utama BTN Maryono menyatakan, fasilitas ini akan dimulai pada tahun 2016 mendatang.

Fasilitas KPR untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap ini akan mulai dilakukan pada kuartal I-2016. Tujuannya adalah memperluas akses masyarakat untuk memiliki rumah.

“Kuartal I-2016 kami harap sudah bisa luncurkan untuk produk KPR kepada masyarakat berpenghasilan tidak tetap baik sektor formal maupun informal. Produknya sedang dalam proses," kata Maryono kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Terkait spesifikasi produk KPR tersebut, Maryono mengaku pihaknya akan bekerjasama dengan kementerian terkait, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, agar pengelolaan fasilitas KPR untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap itu tersentralisasi, perseroan akan membentuk anak usaha baru. Anak usaha tersebut, kata Maryono, akan berbentuk perusahaan pembiayaan atau multifinance.

Perusahaan ini secara khusus akan mengelola KPR dan segala hal terkait program baru BTN tersebut.

"Kita akan membentuk anak perusahaan baru, bentuknya multifinance. Anak perusahaan itu khusus untuk perumahan untuk masyarakat berpendapatan tidak tetap, untuk mengelola penagihan dan sebagainya," jelas Maryono.

Maryono menjelaskan, pembentukan anak perusahaan ini sejalan dengan relaksasi aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait perusahaan pembiayaan. Dalam aturan itu, perusahaan pembiayaan dapat melakukan pembiayaan KPR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com