Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bisa Lecut Semangat Negara Lain untuk Perangi "Illegal Fishing"

Kompas.com - 30/12/2015, 16:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yakin Indonesia bisa menjadi pelecut semangat negara-negara pantai dalam memerangi illegal fishing di belahan dunia lainya.

"Kebijakan politik yang kuat dari pemerintah, dari Presiden dan Menterinya, maka praktik penangkapan ikan ilegal yang selama ini menjadi momok perikanan dunia bisa dilakukan," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan R. Nilanto Perbowo di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (28/12/2015).

Saat ini kata dia, beberapa negara sudah mulai mengikuti jejak Indonesia memerangi illegal fishing. Misalnya Papua Nugini dan Thailand.

Menurut Nilanto, munculnya semangat memerangi illegal fishing di beberapa negara Asia-Pasifik, menguntungkan Indonesia. Sebab Indonesia adalah negara yang memiliki luas laut yang sangat luas.

Selama ini laut Indonesia menjadi tempat favorit para pelaku illegal fishing dari berbagai negara. KKP telah menangkap 157 kapal pelaku illegal fishing sepanjang Januari-Desember 2015. Dari jumlah itu, 107 kapal sudah ditenggelamkan.

Kapal-kapal yang ditenggelamkan itu terdiri dari 39 kapal Vietnam, 34 kapal Philipina, 21 kapal Thailand, 6 kapal Malaysia, 4 kapal Indonesia, 2 kapal Papua Nugini, dan 1 kapal China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com