Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Dana Ketahanan Energi, Ini Beberapa Usulan dari Dewan Energi Nasional

Kompas.com - 31/12/2015, 04:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Merespons rencana pemerintah untuk memungut dana dari masyarakat melalui Dana Ketahanan Energi (DKE), anggota Dewan Energi Nasional (DEN) mengusulkan sejumlah solusi.

Pertama, DEN mengusulkan agar pemerintah segera menyiapkan aturan mengenai pengumpulan dan pemanfaatan DKE.

“Rencana pemerintah untuk menerapkan DKE ini akan mendorong terwujudnya ketahanan energi nasional,” kata Rinaldy Dalimi, anggota DEN dari unsur akademisi dalam paparan di Kantor DEN, di Jakarta, Rabu (30/12/2015).

Usulan kedua, dalam jangka pendek DKE dapat diperoleh dari Laba Bersih Minyak (LBM) melalui mekanisme Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Apabila harga keekonomian BBM lebih rendah dari harga yang ditetapkan pemerintah, maka akan diperoleh LBM yang dapat digunakan sebagai dana cadangan risiko energi,” jelas Rinaldy.

Dia mengatakan, DEN memandang penerapan dana tersebut diberlakukan juga untuk BBM umum seperti Pertamax, Pertadex, Pertalite, dan lain-lain.

Dalam jangka panjang, DKE dapat diterapkan kepada seluruh sumber energi fosil lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com