Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Hadapi 2016, Kuncinya Optimisme

Kompas.com - 04/01/2016, 11:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo secara resmi membuka perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta investor dan pasar optimistis dalam menghadapi tahun 2016.

"Kalau tahun lalu kita optimistis hasilnya pasti akan berbeda. Menumbuhkan optimisme itu susah, semua wait and see, semua menunggu," kata Jokowi dalam sambutannya di Main Hall BEI, Senin (4/1/2016).

Jokowi menyatakan, pada tahun 2014 banyak pihak yang pesimistis dengan pencapaian perekonomian Indonesia. Akan tetapi, angka-angka dan indikator makroekonomi yang ada menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia mampu tumbuh di tengah kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

"Pertanyaannya adalah tahun 2016 seperti apa? Kuncinya di optimisme, di kepercayaan. Itu yang akan kita terus gaungkan. Tanpa itu, 2016 ini ya akan tetap seperti 2015," ungkap Jokowi.

Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah guna mendorong perekonomian dan optimisme pasar adalah penerbitan beragam paket kebijakan dan deregulasi. Menurut Jokowi, upaya ini akan selalu dilakukan oleh pemerintah.

"Terus-menerus akan kita lakukan perombakan-perombakan melalui paket-paket deregulasi. Terus, tidak akan berhenti," tegas Jokowi.

Jokowi pun menyatakan dirinya senang bahwa dalam kondisi sulit pada 2015, pemerintah diberi kesempatan untuk melakukan beragam perombakan. Hal ini, kata dia, akan terus dilakukan.

"Dalam keadaan normal, kalau kita lakukan itu banyak yang akan teriak. Akan tetapi, kalau dalam keadaan sulit orang akan maklum," ungkap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com