Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Blusukan" ke Pasar Cipinang, Mentan Sebut Stok Beras Aman

Kompas.com - 06/01/2016, 17:36 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman blusukan ke Pasar Induk Beras dan Palawija Cipinang Rabu (6/1/2016) untuk melaksanakan kegiatan operasi pasar.

Operasi pasar ini dilakukan untuk mengecek 150.000 ton beras bulog yang disuplai ke Jakarta dari beberapa daerah.

"Kesimpulannya beras 150.000 ton sudah masuk dan bisa digunakan untuk menjaga harga agar stabil hingga akhir Januari," ujar Amran di Pasar Cipinang Rabu (6/1/2016).

Beras ini nantinya dipatok dengan Rp 7.500 per kilogram jika dibeli di gudang, dan Rp 8300 jika sudah diedarkan.

Amran mengatakan stok beras aman hingga akhir Januari. Pasalnya, beras yang masuk ke pasa Cipinang sekitar 2900 hingga 3000 ton per hari.

"Walaupun sempat ada penurunan karena el nino, stok beras aman, karena Februari nanti panen raya sebesar 1 juta hektar. Bisa mencukupi," pungkas Amran.

Dalam Operasi Pasar ini, Amran ditemani oleh Direktur Komersial Perum Bulog, Fadzri Sentosa, Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring dan Ketua Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia, Nelly Soekidi.

Amran tiba di Pasar Cipinang sekitar pukul 14.00. Beliau langsung menanyai beberapa pedagang dan mengecek ketersediaan beras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com