Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik PLTP Kamojang, Wapres Berharap PLN dan Pertamina Sama-sama Untung

Kompas.com - 08/01/2016, 09:10 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Friksi antara PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait harga listrik dari PLTP Kamojang 1, 2, dan 3, telah usai.

Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap Pertamina dan PLN sama-sama diuntungkan dengan kesepakatan harga listrik dari PLTP Kamojang 1, 2, dan 3.

"Sudah kita bicarakan tadi, harus menguntungkan PLN dan menguntungkan Pertamina," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Periwisata, Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, kedua perusahaan pelat merah telah menyepakati harga listrik dari PLTP Kamojang 1, 2, dan 3 sebesar 6 sen dollar AS per kWh.

Sebelumnya ramai diberitakan, belum ada kesepakatan harga listrik antara Pertamina Geothermal Energy dengan PLN karena harga yang ditawarkan anak usaha Pertamina itu terlalu mahal.

PLN memperkirakan harga uap di Kamojang tidak akan melebihi estimasi harga uap yang telah ada yakni sebesar Rp 535 per kWh atau sebesar 4 sen dollar AS. Sementara harga listrik dari PLTP Kamojang 5 dipatok PLN senilai 9,4 sen dollar AS per kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com