Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran atas Ekonomi China Berlanjut, Bursa Shanghai Melorot 5,33 Persen

Kompas.com - 11/01/2016, 15:18 WIB
SHANGHAI, KOMPAS.com - Bursa Shanghai kembali melemah pada hari ini. Investor khawatir terhadap kondisi perekonomian China, yang mendorong  pemodal melakukan aksi jual.

Sore ini, Senin (11/1/2016) bursa Shanghai merosot hingga 5,33 persen atau 169,71 poin menjadi 3.016,70. Sementara itu Shenzhen Composite Index tumbang hingga 6,60 persen atau 130,62 poin menjadi 1.848,10.

Indeks Shanghai telah anjlok hingga mendekati 10 persen pada pekan lalu, yang disebabkan oleh melambatnya perekoonomian China, devaluasi yuan, serta kebijakan pemerintah negara tersebut yang dianggap blunder.

Pada Jumat pekan lalu (8/1/2016) otoritas China berupaya untuk membalikkan keadaan dengan menghentikan perdagangan modal. Kondisi itu menyebabkan kepanikan global.

Pesimisme terhadap economy tetap muncul setelah pemerintah negara itu menyatakan bahwa inflasi China per Desember berada di level 1,6 persen atau berada di bawah target pemerintah sekitar 3 persen.

"Pasar terus mengalami penurunan dan masih belum mencapai titik terendah setelah pelemahan pada akhir pekan lalu," ujar," Zhang Yanbing, analis pada Zheshang Securities.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com