Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Bukalapak: Ekonomi Berubah Menjadi Digital

Kompas.com - 12/01/2016, 17:24 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri digital diproyeksikan akan semakin berkembang beberapa tahun ke depan.

Perkembangan industri ini dinilai akan membawa dampak besar pada kegiatan ekonomi baik nasional atau internasional.

"Perkembangan industri digital di dunia saat ini sangat pesat. Ini akan membentuk ekonomi baru," ujar CEO Bukalapak.com Achmad Zaky di Jakarta Selasa (12/1/2016).

Zaky memberi contoh perkembangan teknologi telepon genggam yang pesat. Kata dia, tak pernah terpikirkan pada 15 tahun lalu kalau telepon genggam akan menjadi barang premium yang dibutuhkan oleh semua orang.

"Contoh lain, 5 tahun yang lalu masyarakat kita banyak yang nongkrong di warnet. Kini semua berubah sangat cepat, semua generasi muda kita seperti suatu keharusan memiliki smartphone. Semua bisa akses internet di mana saja," kata Zaky.

Maka dari itu, perubahan itu harus disambut oleh peningkatan kualitas generasi yang muda pula.

Dia mengatakan, bukan saatnya lagi bagi Indonesia untuk mengandalkan kekayaan alam, melainkan kualitas dan kreatifitas anak manusianya.

"Ke depannya, Indonesia sudah seharusnya tidak lagi dipandang akan kekayaan alamnya, tapi juga kecerdasan dan kekreatifan manusianya yang berhasil memberikan nilai tambah ke masyarakat global," ujar Zaky.

Di tahun 2016 ini pihaknya berencana untuk menggaet (Usaha Kecil Menengah). Kata dia, UKM yang kini jumlahnya kurang lebih 50 juta ini mayoritas pendapatannya masih jauh dari ideal.

"Kami bermimpi, lebih banyak lagi UKM yang akan bergabung dengan Bukalapak dan pendapatan mereka meningkat sehingga mereka bisa menguliahkan anak-anak mereka," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com