Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Situs Masela, Pemerintah Diminta Pertimbangkan "Multiplier Effect"

Kompas.com - 12/01/2016, 19:45 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Kardaya Warnika mengatakan pengembangan Lapangan Gas Abadi Blok Masela lebih baik apabila dilakukan di darat (on shore).

Pasalnya, dengan dikembangkan di on shore akan muncul multiplier effect atau efek berganda.

"Kalau mau mengembangkan situs Masela, pemerintah harus pertimbangkan multiplier effect. Akibatnya, akan ada pengembangan daerah, bagi negara, dan bagi semuanya," ujar Kardaya di Jakarta Selasa (12/1/2016).

Mantan Kepala BP Migas Pemerintahan SBY mengatakan, jika pengembangan dilakukan di darat, akan ada pertumbuhhan industri-industri lain di sekitar situs.

"Waktu itu kita bawa ke Bontang. Dulu bontang RT juga bukan sekarang malah jadi kota madya," ujar Kardaya.

Selain itu, dia mengklaim pengelolaan di darat selalu jauh lebih gampang. Dia mengatakan pemerintah harus mempersiapkan untuk kemunculan situs-situs yang sama.

"Kalau ada penemuan seperti itu biasanya disekitarnya juga akan ketemu lagi. Kalau ada tambahan di darat lebih gampang. Misalnya, untuk tambahan pabrik pupuk, pembangkit lisyrik, atau lainnya. Kalau di laut? Sulit," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com