Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Arab dan Oman, Qatar Juga Menaikkan Harga BBM

Kompas.com - 15/01/2016, 09:10 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Negara kaya energi Qatar memutuskan untuk menaikkan harga bensin mulai Jumat (15/1/2016. Kebijakan ini mengikuti tetangganya seperti Arab Saudi, Oman, dan Uni Emirat Arab yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) ditengah kemerosotan harga minyak mentah..

Kenaikan harga bensin diumumkan oleh Woqod, perusahaan bahan bakar minyak milik negara, dalam sebuah memo yang dikirim kepada para manajer stasiun bahan bakar minyak pada Kamis (14/1/2016).

Harga untuk bensin reguler meningkat menjadi 1,30 riyal Qatar atau sekitar Rp 4.875 per liter dari sebelumnya 1,00 riyal.

Produk lainnya akan meningkat bahkan lebih tajam, dengan salah satunya bensin premium, meningkat sekitar 35 persen menjadi 1,15 riyal.

Musim panas lalu Qatar mengumumkan akan menghadapi defisit anggaran pertama dalam 15 tahun pada 2016, akibat anjloknya harga minyak di pasar dunia.

Pada Desember, Qatar memperkirakan bahwa harga minyak yang lebih rendah akan meninggalkan Qatar dengan lubang defisit sekitar 12 miliar dolar AS pada anggaran 2016.

Sebelumnya Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab juga menaikkan harga bensin mereka. (baca: Defisit Membengkak, Arab Naikkan Harga Bensin hingga 67 Persen)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com