Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Berharap Bisa Hemat Pengeluaran

Kompas.com - 15/01/2016, 12:00 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan gedung baru pada Jumat (15/1/2016). Gedung baru yang dinamai Gedung Mina Bahari (GMB) IV ini terletak di samping gedung Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) lama.

Susi mengatakan, kantor baru ini harus lebih bisa memberikan efisiensi penggunaan energi dan sumber daya. Menurut dia,  gedung GMB ini menggunakan konsep teknologi ramah lingkungan sehingga bisa lebih menghemat energi terutama lampu dan penggunaan AC.

"Dengan menghemat energi berarti pemerintah menghemat biaya pengeluaran negara," ujar Susi di Jakarta Jumat (15/1/2016).

Selain itu, gedung baru ini juga menggunakan sistem tangkapan air dan daur ulang. Contohnya, gedung ini bisa memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Susi mengatakan, pihaknya memang sedang mencanangkan penghematan terhadap keuangan negara. Dia mencontohkan, akhir Desember tahun lalu, pihaknya mengembalikan Rp 1,5 triliun ke kas negara.

"15 persen dari pagu APBN Perubahan sebesar Rp 10,5 triliun, tanpa mengurangi target kinerja yang dilakukan KKP," kata Susi.

Gedung Mina Bahari akan dilengkapi dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terdiri dari 20 loket dan 1 counter BRI.

PTSP bisa melayani masyarakat yang membutuhkan Surat Keterangan Teknis Pemasukan Import Pakan dan Bahan Baku Pakan Ikan, Surat rekomendasi pemasukan/pengeluaran ikan hidup, sertifikat HACCP, dan lainnya.

Selain itu, di gedung ini juga terdapat ruang pusat pengendalian untuk memantau aktivitas di perairan Indonesia. Dengan ini,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com