Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Resmi Luncurkan Bank Investasi Infrastruktur Asia

Kompas.com - 18/01/2016, 07:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNNMoney
BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping secara resmi meluncurkan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) pada Sabtu (16/1/2016) waktu setempat.

Lembaga ini mendapat tentangan dari Amerika Serikat  karena dinilai sebagai upaya China mengubah tata atur pembiayaan pembangunan global.  Namun, mitra-mitra utama AS termasuk Australia, Inggris, Jerman, Italia, Filipina, dan Korea Selatan telah setuju bergabung dalam AIIB.

"Kebutuhan pembiayaan Asia untuk infrastruktur dasar amatlah besar. Bank ini bertujuan untuk berinvestasi dalam proyek-proyek berkualitas tinggi namun berbiaya rendah," ujar Presiden Xi dalam pidatonya.

Pada saat yang sama, Perdana Menteri Li Keqiang menyatakan agar Asia terus menjadi kawasan pertumbuhan global yang paling dinamis, maka diperlukan investasi dalam sektor infrastruktur dan konektivitas.

AIIB diharapkan mampu memberikan pinjaman sekitar 10 miliar sampai 15 miliar dollar AS per tahun untuk 5 hingga 6 tahun ke depan. Adapun bank ini akan mulai beroperasi pada kuartal II-2016.

"Kami telah memiliki pipeline yang amat bagus terkait pembiayaan proyek bersama bank-bank pembangunan internasional lainnya. Meski pembiayaan akan dilakukan dalam mata uang dollar AS, AIIB dapat menambah modal dalam mata uang lainnya, termasuk euro dan yuan," ungkap Presiden AIIB Jin Liqun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNNMoney
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com