Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MEA Dimulai, Pusat Belanja Harus Berbenah Diri

Kompas.com - 19/01/2016, 14:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) resmi dimulai pada tahin 2016. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi persaingan antara pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia dengan pusat-pusat perbelanjaan di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Handaka Santosa, pusat-pusat perbelanjaan di Indonesia harus segera berbenah diri.  Ia memberi contoh, caranya adalah dengan melakukan inovasi, memberikan pengalaman unik bagi pengunjung, dan interaktif.

Handaka mengatakan, pusat perbelanjaan memiliki prospek yang amat cerah.  Peritel yang menyewa ruang di pusat perbelanjaan tidak hanya berkontribusi di sektor pajak dan penerimaan, namun juga tenaga kerja.

"Ritel yang menyewa di pusat belanja akan membayar pinjaman (ruang), PPn, dan menyerap tenaga kerja. Setiap 30 meter ruang yang disewa memberi banyak tenaga kerja," kata Handaka di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Terkait tenaga kerja, Handaka menyatakan, pihaknya ingin membentuk sebuah lembaga sertifikasi khusus untuk tenaga kerja di pusat perbelanjaan. Tujuannya adalah agar tenaga kerja dapat lebih baik dan bisa diandalkan.

"Ini terkait dengan persaingan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Kami ingin menciptakan lembaga sertifikasi sehingga mutu tenaga kerja lebih bagus dan diandalkan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com