Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Dunia Jadi 3,4 Persen

Kompas.com - 20/01/2016, 05:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (19/1/2016) waktu setempat memperingatkan risiko-risiko substansial di negara-negara berkembang terkemuka, sehingga ia menurunkan prospeknya untuk pertumbuhan ekonomi global tahun ini.

"Pertumbuhan Tiongkok yang lebih lambat, dollar AS yang lebih kuat, runtuhnya harga minyak dan kekacauan politik, semuanya bisa menimbulkan malapetaka lebih lanjut di ekonomi-ekonomi yang sedang kesulitan seperti Rusia dan Brazil dan di seluruh Timur Tengah, sehingga mengerem pemulihan global," papar IMF.

IMF juga memperingatkan bahaya jika Tiongkok tidak mengelola dengan baik pelambatan dan reformasinya, yang sudah memutar gelombang kejut ke seluruh pasar keuangan global.

IMF memperkirakan ekonomi dunia tumbuh sebesar 3,4 persen tahun ini, turun 0,2 persen dari prediksi Oktober lalu. Meski demikian lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sebesar 3,1 persen.

IMF memperkirakan pertumbuhan 6,3 persen untuk ekonomi Tiongkok, melambat dari 6,9 persen tahun lalu.

Kemudian  Amerika Serikat diproyeksikan tumbuh hanya 2,6 persen, turun 0,2 persen dari perkiraan sebelumnya karena dollar AS yang kuat memukul eksportir AS dan kemerosotan investasi dalam industri energi.

Sementara Eropa mendapat sedikit peningkatan, menjadi 1,7 persen tahun ini, didukung rebound yang lebih kuat dari perkiraan di Spanyol dan pertumbuhan Jepang akan meningkat juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com