Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEIN Upayakan Suku Bunga Perbankan Turun di Bawah 10 Persen

Kompas.com - 20/01/2016, 14:06 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional dan Industri Nasional (KEIN) akan mengupayakan agar suku bunga bank bisa turun menjadi single digit atau di bawah 10 persen.

Hal itu sebagai upaya agar sektor industri nasional berkembang seperti keinginan Presiden Jokowi.

"Kami bangun sistem yang kompetitif dulu. Lawan-lawan kita di ASEAN sudah single digit. Bagaimana kita mau bersaing kalau bunga double digit," ujar Haryadi saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Menurutnya, usul penurunan suku bunga perbankan juga sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Menurut Haryadi, Presiden setuju dengan usulkan tersebut. Oleh karena itu dalam waktu dekat, KEIN akan segera berbicara dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan penurunan suku bunga.

"Semua kan mengacu kepada BI rate (suku bunga acuan Bank Indonesia). Kita akan bicara dengan BI karena BI ini apa alasanya kan inflasi sudah 3,35 persen. Enggak bisa dong cuma memotong 25 basis poin," kata Haryadi.

Sebelumya, Presiden Jokowi Ingin sektor industri menyerap banyak tenaga kerja. Oleh karena itu, ia menugasi Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) membuat peta jalan atau road map pengembangan industrialisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com