Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Pilih Berada di Kantor daripada di Acara "Groundbreaking" KA Cepat

Kompas.com - 21/01/2016, 20:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendapat sorotan lantaran tidak hadir dalam acara dimulainya proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2016).

Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid menjelaskan alasan absennya Jonan tersebut.

Menurut dia, Jonan memilih berada di kantor lantaran harus menyelesaikan berbagai perizinan KA cepat yang belum rampung.

"Menhub Ignasius Jonan tidak hadir pada groundbreaking KA cepat Jakarta-Bandung hari ini karena harus fokus menuntaskan aspek perizinan agar pembangunan bisa segera dilaksanakan tidak hanya groundbreaking saja," kata Hadi dalam keterangan resminya, Kamis.

Saat ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sudah mengantongi izin trase dari Menhub sehingga bisa melaksanakan groundbreaking. Namun, tutur Hadi, pembangunannya harus memperoleh izin pembangunan.

"Izin pembangunan bukan izin administratif, melainkan merupakan evaluasi teknis rancang bangun dan analisis aspek keselamatan prasarana kereta api," kata Hadi.

Dia menuturkan, izin pembangunan KA cepat belum dikeluarkan Jonan lantaran masih ada beberapa hal yang belum dipenuhi oleh PT KCIC. (Baca: Jonan Tak Muncul Saat Presiden Jokowi Resmikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung)

Meski begitu, kata dia, Jonan sangat senang ada pihak swasta bersinergi dengan BUMN untuk membangun KA cepat tanpa dana APBN.

Dengan begitu, dana APBN bisa digunakan untuk pemerataan pembangunan fasilitas transportasi di luar Jawa.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengaku tidak tahu alasan Jonan tidak hadir dalam acara groundbreaking KA cepat Jakarta-Bandung itu.

Seusai menekan sirine tanda proyek dimulainya pembangunan dan meninjau lokasi tempat penandatanganan prasasti, wajah Jokowi terlihat berseri-seri. Dia pun menyapa warga yang berkerumun di sisi kiri lokasi proyek pembangunan dan menghampiri wartawan.

Raut wajah Jokowi pun langsung berubah tatkala salah satu jurnalis menanyakan alasan Jonan tidak hadir dalam acara tersebut.

"Enggak tahu saya (alasan Jonan tidak hadir)," ucap Jokowi singkat. (Baca: Ditanya Alasan Jonan Tak Hadir, Jokowi Jawab "Tidak Tahu")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com