Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari, Kapal Ternak Berlayar Lagi

Kompas.com - 22/01/2016, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan, PT Pelni, dan Kementerian Pertanian sepakat bahwa kapal ternak Camara Nusantara 1 bakal berlayar lagi pada 2 Februari 2016. Menurut informasi yang disampaikan Kementerian Pertanian pada Kamis (21/1/2016), rute yang bakal ditempuh adalah Pelabuhan Tenau, Kupang - Waingapu - Lembar - Bima - Tanjung Perak - Tanjung Emas - Cirebon, pergi pulang (pp).

Kementerian tersebut juga mengatakan bahwa jadwal pelayaran berikut kapal tersebut adalah pada 16 Februari 2016 dan 1 Maret 2016. Kementerian Pertanian sudah melakukan sosialisasi jadwal kepada dinas yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan pada rute pelayaran tersebut serta kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Di dalam pernyataan itu, Kementerian Pertanian juga menjelaskan bahwa saat kembali usai pelayaran perdana, kapal ternak  diharapkan dimanfaatkan untuk mengangkut bahan pakan dan pakan ternak, baik  untuk kebutuhan ternak di kapal selama perjalanan maupun dalam menunjang ketersediaan pakan di daerah sentra sapi potong.

Terkait dengan informasi adanya kapal kosong (baca: Pengusaha NTT Enggan Jual Sapi Lewat Kapal Ternak?), Kementerian Pertanian menjelaskan bahwa penetapan operator kapal terlaksana pada 18 Januari 2016. Sehingga, setelah itu, baru ditetapkan jadwal rutin pelayaran.

Kementerian Pertanian mengaku memang sebelum penetapan jadwal ada pelayaran yang kosong. Namun begitu, setelah ada jadwal yang tetap setiap dua minggu sekali,diperkirakan pelaku usaha siap menggunakan fasilitas pelayaran tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com