Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Jamin Kapal Ternak Tak Akan Kosong

Kompas.com - 25/01/2016, 07:22 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pastikan Kapal Ternak Camara Nusantara 1 akan kembali melakukan pelayaran (voyage) pada 2 Februari 2016 mendatang. Jaminan keterisian ternak pun sudah ada setelah Kemenhub menggelar rapat dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan PT Pelni.

Seperti diberitakan,  pada pelayaran kedua Desember 2015 lalu, kapal ternak pulang tanpa membawa seekor pun ternak. Padahal, Presiden Jokowi menyediakan kapal itu khusus untuk mengangkut ternak.

"Dua voyage berikutnya akan dikoordinasikan kembali dengan Kementan yang siap jumlah muatan sapinya," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bobby R. Mamahit, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Menurut dia, rapat dengan Kementan dan Pelni juga memutuskan untuk menambah dua pelabuhan pengumpul (loading) yakni di Waingapu (NTT) dan Lembar (NTB).

Pada pelayaran perdana tahun ini tanggal 2 Februari 2016 nanti, pemerintah sudah memastikan akan ada sekitar 400 ekor sapi yang akan diangkut.

Sebelumnya, pada pelayaran perdana yakni 6-11 Desember 2015, kapal tersebut berhasil membawa 353 sapi ke Jakarta. Sayangnya pada pelayaran kedua, kapal ternak tidak membawa seekor pun sapi. (baca: Pengusaha NTT Enggan Jual Sapi Lewat Kapal Ternak?)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com