Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Khawatir, The Fed Pertahankan Suku Bunga

Kompas.com - 28/01/2016, 07:16 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com -The Federal Reserve mempertahankan suku acunnya pada Rabu (27/1/2016) waktu setempat karena melambatnya pertumbuhan ekonomi AS pada akhir tahun lalu.

Bank sentral AS itu mengisyaratkan beberapa kekhawatiran terhadap gejolak pasar global dan pertumbuhan yang lamban.

Dalam pernyataannya, The Fed masih memperkirakan bahwa inflasi, yang melemah dalam jangka pendek oleh kejatuhan harga minyak, akan didorong ke arah target dua persen dalam jangka menengah.

Bank sentral masih memberikan peluang untuk kenaikan suku bunga pada Maret, sekalipun keyakinan pasar semakin tipis terhadap kemungkinan tersebut.

"Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bertemu pada Desember menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut bahkan ketika pertumbuhan ekonomi melambat akhir tahun lalu," kata FOMC pada akhir pertemuan dua harinya.

Komite, sebut pernyataan tersebut,  sedang memantau dengan cermat perkembangan ekonomi dan keuangan global serta menilai implikasinya terhadap pasar tenaga kerja dan inflasi, serta untuk keseimbangan risiko terhadap prospek.

Pada Desember 2015 lalu, The Fed menaikkan suku bunga acuan ke kisaran 0,25-0,50 persen, setelah mempertahankan suku bunga mendekati nol selama tujuh tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com