Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan hari ini, KM Sabuk Nusantara 46 Efektif Beroperasi Sabtu

Kompas.com - 28/01/2016, 19:31 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Jakarta yang ingin pergi ke pulau seribu atau sebaliknya kini bisa gembira. Pasalnya, hari ini Kapal Perintis Sabuk Nusantara 46 diresmikan. Menurut, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit, kapal dengan panjang 43 meter dan lebar 9 meter ini mampu menampung 114 penumpang ditambah 18 orang Anak Buah Kapal (ABK).

Menurut Bobby, kapal ini akan melayani perjalanan dengan rute Sunda Kelapa, Pulau Ujung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa dan sebaliknya.  Kapal ini memiliki kecapatan 12 knot sehingga untuk melewati semua rute tersebut akan memakan perjalanan selama 4 jam.

Lantaran sebagai kapal perintis, KM Sabuk Nusantara 46 diberikan subsidi oleh Kementerian Perhubungan sebesar 5,9 miliar rupiah yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.  Dampaknya, orang yang ingin menggunakan kapal ini hanya dikenakan tarif Rp 15.000 dengan rincian biaya resmi Rp 12.000 ditambah Rp 3.000 untuk asuransi.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengatakan kapal Sabuk Nusantara ini akan efektif beroperasi Sabtu mendatang. "Sekarang sudah bisa beroperasi, tapi efektif Sabtu mendatang," ujar Jonan. Kapal ini akan beroperasi mulai pukul 07.00 pagi setiap hari. "Sabtu minggu juga beroperasi," pungkas Jonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com