Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Industri-industri yang Bisa Ambil Peluang di Tengah Anjloknya Harga Minyak

Kompas.com - 29/01/2016, 15:36 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tergelincirnya harga minyak mentah dunia memukul industri minyak dan gas bumi (migas) hampir di seluruh negara produsen, termasuk Indonesia.

Efisiensi operasi, penundaan belanja modal, sampai pemutusan hubungan kerja dilakukan sebagai upaya bertahan.

Namun menurut Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Srihartati, Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak sumber daya alam bisa mengambil kesempatan dari murahnya harga energi.

“Komoditas kami kan banyak sekali yang langsung diekspor. Kalau kita melakukan pengolahan, seperti industri agro dan perikanan, maka ini akan menyebabkan daya saing kita tinggi,” kata Enny dihubungi Kompas.com, Jumat (29/1/2016).

Enny mencontohkan, dengan harga energi serta harga komoditas yang murah saat ini industri pengolahan karet bisa dikembangkan.

Produk hilir karet diyakini dapat menekan impor ban. Contoh lain di sektor perkebunan, permintaan kakao yang cukup tinggi untuk memasok industri makanan-minuman juga menjadi daya dorong hilirisasi.

“Ini kan sekarang ada dua hal yang menyebabkan daya saing kita tinggi, faktor harga material yang murah dan energi murah,” sambung Enny.

Ditambah lagi, peluang pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mencapai 600 juta orang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk menumbuh-kembangkan dua sektor industri ini.

Meski banyak faktor yang bisa mendukung tumbuhnya industri pengolahan berbasis agro dan perikanan, Enny mengingatkan masih ada kendala infrastruktur yang harus diselesaikan pemerintah.

“Kalau ada sinergi horizontal (antar-kementerian), dan vertikal (pusat-daerah) dan kita fokus pada produk yang memiliki daya saing tinggi ini, maka peluangnya sangat besar,” pungkas Enny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com